logo pengadilan negeri Jakarta Selatan website ramah difable

PERESMIAN SARANA PRASARANA DAN INOVASI PELAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI PENGADILAN TINGGI DKI JAKARTA

28Mar

Ditulis oleh

Bertempat di ruang APM Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Kelas IA Khusus, Wakil Ketua Wahyu Iman Santoso, S.H., M.H. bersama Para, Hakim, Kepala Bagian Umum, Para Panitera Muda dan Kepala Sub Bagian Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengikuti Kegiatan Peresmian Sarana Prasarana dan Inovasi Pelayanan Pengadilan Tinggi Jakarta yang berbasis teknologi secara virtual melalui zoom meeting. Acara ini dilaksanakan di Aula Ansyahrul Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang dihadiri oleh Ketua Mahkamah Agung RI YM Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. Wakil Ketua Mahkamah Agung RI YM Bapak Dr. H. Sunarto, S.H., M.H. Para Ketua Kamar RI, Panitera MA RI, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Para Ketua Tingkat Banding sewilayah DKI Jakarta, Para Pejabat Eselon II pada MA RI Dan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum.

Untuk meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana dalam rangka mewujudkan pelayanan yang prima terhadap pencari keadilan di wilayah DKI Jakarta, Ketua Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana di PT Jakarta. Selain itu PT DKI Jakarta menciptakan beberapa inovasi untuk mendukung kedisiplinan pegawai dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Ketua Mahkamah Agung dan jajaran pimpinan berkesempatan melakukan dialog secara virtual dengan seluruh aparatur peradilan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Pengadilan Jakarta Utara, dan Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Selain berdialog, Ketua Mahkamah Agung juga berkesempatan bercengkerama dengan para pencari keadilan yang sedang berada di Pengadilan tersebut.

Berikut adalah beberapa inovasi PT DKI Jakarta yang diresmikan Ketua Mahkamah Agung :
a. SIPITUNG (Sistem Informasi pelayanan Terintegrasi Hukum dan Pengadilan). Aplikasi ini bertujuan sebagai sarana untuk permohonan informasi dan pengaduan terhadap mutu pelayanan dan perilaku aparatur Pengadilan Tinggi Jakarta

b. SIMANJA (Sistem Informasi Monitoring Capaian Kinerja) merupakan aplikasi monitoring capaian kinerja berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Terintegrasi dengan SIPP secara real time dan akuntabel

c. DILADANG (Digital Layanan Persidangan) merupakan Inovasi Layanan PT Jakarta untuk peningkatan layanan keterbukaan informasi dalam hal ini untuk memberikan kepastian hukum dalam hal Persidangan Pengucapan Putusan dan Putusan Perkara dalam hal Amar Singkat. Digital Layanan Persidangan mengemukakan Layanan Persidangan di PT Jakarta dan Informasi Putusan yang dipublish setelah selesai persidangan. 

d. DIPANDU (Digital Pelayanan Terpadu). Inovasi ini memberikan kemudahan dan kecepatan akses informasi/layanan untuk stakeholder di pinggir jalan tanpa harus masuk dan antri di lingkungan kantor.